GraPARI TELKOMSEL TERBURUK, CALL CENTRE 133 IS THE BEST


Nulis artikel lagi untuk blog, sangat lama waktu untuk tidak menulis dalam blog ini…,nama saya Roy , sesuai judul diatas ,saya mengambil tema tentang GraPARI telkomsel…
Cerita yang menjengkelkan namun berakhir dengan happy ending…intinya saya ingin membeberkan kualitas SDM CS dari GraPARI Soroako .

Awal kisah…

Tanggal  6 juni 2013, saya menelpon ke 133 yang adalah Call Centre layanan Kartu Halo..untuk menanyakan mekanisme pembuatan kartu halo baru dengan nama pengguna yg sama, perlu diketahui oleh pembaca kalau saya sudah memiliki 2 kartu halo dengan nama pemilik yang sama yaitu nama saya, kartu halo pertama saya  0812411xxxx adalah kartu simpati yang di upgrade ke kartu halo dan sekarang saya berikan kepada orang tua saya untuk di gunakan, kartu halo kedua saya 081141xxxx ini yang sekarang saya gunakan dengan paket data internet 400 ribu perbulan (maklum saya bekerja di bidang IT hingga membutuhkan quota yg besar),

Setelah mendapat informasi dari CS Call Centre 133 bahwa saya bisa membuat lagi satu kartu halo dengan nama saya ,dengan hanya membutuh KTP yang aktif dan mendatangi GraPARI terdekat dari  kota tempat dimana saya berdomisili….saya pun menuju kota Soroako yang berjarak kurang lebih 60 kilometer dari kota Malili tempat saya berdomisili…

Tanggal 10 juni 2013 saya berangkat ke Kota Soroako,Setiba di GraPARI Soroako saya bertemu dengan CS disana dan mengutarakan maksud kedatangan saya …nah disini awal ketegangan terjadi…!!!
Saya merasa mendapat pelayan yang kurang memuaskan, cs membutuhkan data-data saya dan wajib membrikan surat keterangan sebagai Karyawan /pegawai baik itu swasta maupun negeri atau Photo copy SITU/SIUP usaha jika saya berprofesi sebagai pengusaha…., awal agak senewen karena tidak sesuai dengan informasi yang diberikan Call Centre 133, saya jelaskan kembali kepada CS bahwa saya mendapat informasi dari Call Centre seperti yang sudah saya uraikan diatas tadi….namun tetap tidak bisa dengan alasannya ini sudah menjadi prosedur di GraPARI telkomsel Soroako…

Yang saya herankan kenapa Call Centre 133 yang adalah pusat informasi kartu Halo tidak sesuai dengan GraPARI soroako ini…dan apa sulitnya GraPARI soroako untuk membuat kartu Halo baru saya sedangkan data yang akan di gunakan atas nama saya yang sudah menjadi pelanggan 2 kartu halo sebelumnya dan masih aktif hingga sekarang....lain halnya jika saya baru mau memulai berlangganan kartu halo ???  
Ok tidak ada masalah sayapun menyanggupi  syarat pihak GraPARI Soroako namun saat itu saya hanya membawa E-KTP dan untuk SITU/SIUP sebagai persyaratan akan saya berikan. Berhubung tidak membawa SITU/SIUP Perusahaan saya,  akhirnya saya menanyakan kepada CS disana apakah bisa saya mengirim dalam bentuk email dan bisa di print di GraPARI Soroako, karena menurut penjelasan CS tadi katanya kartu baru saya tidak akan diproses jika semua persyaratan tidak lengkap…menghitung jarak dan waktu yang lumayan jauh antara kota Malili ke Soroako saya berpikir hanya dengan menelpon ke Malili dan memerintahkan salah satu Karyawan saya untuk menscan SITU/SIUP yang diperlukan serta mengirim nya ke sini lebih mempermudah proses pembuatan kartu halo baru saya…..namun apa jawaban  dari CS, maaf pak Printer kami rusak dan tidak bisa di gunakan..??? disini saya mulai marah…”mbak yang baik”..!!! biar dicetak lewat printernya belakangan kalau printernya sudah baik ..kan intinya SITU/SIUP saya mbak bisa lihat bukan…bahwa saya bisa memberikan semua persyaratan yg GraPARI Soroako inginkan…tiba2x nyeletuk kasir  meja disamping CS tersebut…maaf mas internet kami juga hanya bisa membuka situs online telkomsel….!!!....

Gila apa-apain…(dari awalnyanya saya sabar)!!! Amarah saya meledak..!!! Telkomsel ini perusahaan besar dan mungkin masuk sebagai salah satu provider seluler terbesar di dunia…masa printer bisa rusak??, masa untuk keperluan layanan pelanggan ,nggak bisa menerima email saya dengan alasan Internet tidak diperuntukan untuk menerima email dari luar …pertama saya datang kesini karena informasi Call Centre 133 !!! Ternyata kalian memberi persyaratan yang harus di penuhi walaupun sebenar tidak perlu saya penuhi lantaran saya sudah menggunakan 2 kartu halo ,itupun menurut Call Centre 133, akhirnya saya pun mau menuruti syarat yang berlaku disini…masa saya harus pulang ke kota Malili yang jarak 60 Km lebih hanya untuk mengambil photo copy SITU/SIUP sebagai salah satu syarat yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan cara mengirim email..nggak sampai hitungan ribuan menit kok mbak ngirim emailnya….alasan pertama printer rusak…tiba2x alasan kedua nggak bisa terima email??? Sangat dan sangat dipersulit…juga sangat tidak professional para CS telkomsel GraPARI Soroako ini….masih dalam keadaan marah saya menjelaskan ulang lagi, saya ini pengguna2  kartu halo yang sampai saat ini masih aktif, kartu Halo pertama saya aktif mulai dari tahun 2004, kartu Halo kedua saya aktif mulai dari tahun 2009…dan menurut Call Centre133  sebelum saya kemari saya hanya perlu membawa KTP yang aktif atau masih berlaku …saya pun mencoba mengikuti syarat yang kalian minta …tapi kalian spertinya sangat mempersulit saya….!!!

Akhirnya saya menelpon call centre 133 masih di hadapan para CS yang goblok itu, setelah diterima panggilan saya ,dan menjelaskan duduk permasalahan saya di GraPARI Soroako ini…akhirnya mbak yanti kalau nggak salah yg menerima telpon saya di 133 meminta berbicara dengan CS yang melayani saya…ada sekitar 15 menit pembicaraan tersebut dan saya tidak tahu apa yang dibicarakan karena si CS masuk kedalam satu ruangan yang saya pikir mungkin ruangan pimpinan GraPARI Telkomsel Soroako….

Tidak berapa lama si CS keluar dari ruangan tersebut dan menyerahkan kembali HP saya…masih berlanjut ternyata Call Centre 133 … mbak yanti menjelaskan kalau proses kartu baru saya tetap bisa dilanjutkan kembali dengan tidak ada masalah…namun karena terlanjur kesal sambil berbicara di HP saya mengatakan saya nggak mau lagi berurusan dengan GraPARI disini…sungguh sangat menyebalkan…akhirnya mbak yanti dari Call Centre 133 saat itu juga membantu saya untuk meregistrasi kartu baru saya lansung dari Jakarta, serta memohon maaf atas ketidak nyamanan pelayanan yang diberikan GraPARI  Soroako tadi….saya pun diberi beberapa nomor pilihan, juga member nomor registrasi kartu baru saya dan memberitahukan kepada saya untuk menunggu beberapa saat  nanti akan ada panggilan masuk ke saya dari nomor Telkomsel Pusat +62111 untuk mengklarifikasi nomor baru saya,serta akan ada email dari CS telkomsel untuk kartu halo baru saya….

Setela selesai pembicaraan dengan CS Call Centre 133 tadi..tanpa permisi saya langsung bergegas berdiri untuk keluar dari GraPARI Soroako…masih sempat saya melihat tampang bloon CS GraPARI Soroako yang sedari tadi mungkin mendengar pembicaraan saya dengan Call Centre 133….langkah saya terhenti ketika CS tersebut menyampaikan Maaf…dan saya pun berkata demikian….TELKOMSEL perusahaan besar namun jika CS seperti kalian mempersulit pelanggan , sama saja kalian merusak Citra Telkomsel…nggak ada masalah mbak, saya berlalu keluar.
Setiba di kota malili apa yang dikatan mbak yanti dari Call Centre 133 terbukti benar ketika saya mendapat  panggilan dari +62111 untuk mengklarifikasi kartu baru saya dan meminta alamat tepat untuk pengiriman kartu baru saya yang menurutnya 7x24 jam (1 minggu) akan tiba. Dan meminta saya untuk mengecek email saya jika pihak telkomsel pusat telah mengaktifkan kartu baru saya namun masih dalam keaadan terblokir hingga kartu baru saya itu tiba di tangan saya,pemblokiran bertujuan  untuk menjaga hal-hal yang tidak inginkan dalam proses pemgiriman, dan meminta saya menghubungi call centre 133 untuk membuka blokiran jika kartu halo sudah ada ditangan saya….

BRAVO CALL CENTRE 133 TELKOMSEL.

Buat GraPARI Soroako…ibu jari saya mengarah kebawah… 

Everd Roy Muhea

Papa Clay berkecimpung dalam Dunia IT, pernah bekerja di IBM technical support Indonesia,Pernah menjadi Kepala Teknisi Laser Computindo selama 15 Tahun, aktif dalam Dunia IT,saat ini menjalankan Usaha Malili Tekno Komputer, Penjualan dan Service (PC,Laptop,Server,Gadget Solution,Networking, Developer Applications, RT/RW Net) Aktif dalam beberapa Komunitas IT

2 komentar :

  1. sy juga pernah mengalaminya mas di grapari depok, padahal nomor sudah sy pesan melalui web dan sy sdh menghubungi call center pusat, perintah dr call center pusat agar sy mengambil paketnya di grapari terdekat yaitu depok, namun sesampainya disana....sy mendapatkan perlakuan yg sama sperti mas dan akhirnya sy pulang dg tangan kosong, kemudian sy menghubungi kembali call center, akhirnya paketpun dikirim ke sy melalui kurir khusus telkomsel

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa mas, sangat disayangkan perusahan sebesar telkomsel dengan pelayanan buruk tdk terorganiser dengan baik

      Hapus