Nulis artikel lagi untuk blog, sangat lama waktu untuk tidak menulis dalam blog ini…,nama saya Roy , sesuai judul diatas ,saya mengambil tema tentang GraPARI telkomsel…
Cerita yang menjengkelkan namun berakhir dengan happy
ending…intinya saya ingin membeberkan kualitas SDM CS dari GraPARI Soroako .
Awal kisah…
Tanggal 6 juni 2013,
saya menelpon ke 133 yang adalah Call Centre layanan Kartu Halo..untuk
menanyakan mekanisme pembuatan kartu halo baru dengan nama pengguna yg sama,
perlu diketahui oleh pembaca kalau saya sudah memiliki 2 kartu halo dengan nama
pemilik yang sama yaitu nama saya, kartu halo pertama saya 0812411xxxx adalah kartu simpati yang di
upgrade ke kartu halo dan sekarang saya berikan kepada orang tua saya untuk di
gunakan, kartu halo kedua saya 081141xxxx ini yang sekarang saya gunakan dengan
paket data internet 400 ribu perbulan (maklum saya bekerja di bidang IT hingga
membutuhkan quota yg besar),
Setelah mendapat informasi dari CS Call Centre 133 bahwa
saya bisa membuat lagi satu kartu halo dengan nama saya ,dengan hanya membutuh
KTP yang aktif dan mendatangi GraPARI terdekat dari kota tempat dimana saya berdomisili….saya pun
menuju kota Soroako yang berjarak kurang lebih 60 kilometer dari kota Malili
tempat saya berdomisili…
Tanggal 10 juni 2013 saya berangkat ke Kota Soroako,Setiba
di GraPARI Soroako saya bertemu dengan CS disana dan mengutarakan maksud
kedatangan saya …nah disini awal ketegangan terjadi…!!!
Saya merasa mendapat pelayan yang kurang memuaskan, cs
membutuhkan data-data saya dan wajib membrikan surat keterangan sebagai Karyawan
/pegawai baik itu swasta maupun negeri atau Photo copy SITU/SIUP usaha jika
saya berprofesi sebagai pengusaha…., awal agak senewen karena tidak sesuai
dengan informasi yang diberikan Call Centre 133, saya jelaskan kembali kepada
CS bahwa saya mendapat informasi dari Call Centre seperti yang sudah saya
uraikan diatas tadi….namun tetap tidak bisa dengan alasannya ini sudah menjadi
prosedur di GraPARI telkomsel Soroako…
Yang saya herankan kenapa Call Centre 133 yang adalah pusat
informasi kartu Halo tidak sesuai dengan GraPARI soroako ini…dan apa sulitnya GraPARI
soroako untuk membuat kartu Halo baru saya sedangkan data yang akan di gunakan
atas nama saya yang sudah menjadi pelanggan 2 kartu halo sebelumnya dan masih
aktif hingga sekarang....lain halnya jika saya baru mau memulai berlangganan
kartu halo ???
Ok tidak ada masalah sayapun menyanggupi syarat pihak GraPARI Soroako namun saat itu
saya hanya membawa E-KTP dan untuk SITU/SIUP sebagai persyaratan akan saya
berikan. Berhubung tidak membawa SITU/SIUP Perusahaan saya, akhirnya saya menanyakan kepada CS disana
apakah bisa saya mengirim dalam bentuk email dan bisa di print di GraPARI Soroako,
karena menurut penjelasan CS tadi katanya kartu baru saya tidak akan diproses jika
semua persyaratan tidak lengkap…menghitung jarak dan waktu yang lumayan jauh
antara kota Malili ke Soroako saya berpikir hanya dengan menelpon ke Malili dan
memerintahkan salah satu Karyawan saya untuk menscan SITU/SIUP yang diperlukan
serta mengirim nya ke sini lebih mempermudah proses pembuatan kartu halo baru
saya…..namun apa jawaban dari CS, maaf
pak Printer kami rusak dan tidak bisa di gunakan..??? disini saya mulai marah…”mbak
yang baik”..!!! biar dicetak lewat printernya belakangan kalau printernya sudah
baik ..kan intinya SITU/SIUP saya mbak bisa lihat bukan…bahwa saya bisa
memberikan semua persyaratan yg GraPARI Soroako inginkan…tiba2x nyeletuk kasir meja disamping CS tersebut…maaf mas internet
kami juga hanya bisa membuka situs online telkomsel….!!!....
Gila apa-apain…(dari awalnyanya saya sabar)!!! Amarah saya
meledak..!!! Telkomsel ini perusahaan besar dan mungkin masuk sebagai salah
satu provider seluler terbesar di dunia…masa printer bisa rusak??, masa untuk
keperluan layanan pelanggan ,nggak bisa menerima email saya dengan alasan Internet
tidak diperuntukan untuk menerima email dari luar …pertama saya datang kesini
karena informasi Call Centre 133 !!! Ternyata kalian memberi persyaratan yang
harus di penuhi walaupun sebenar tidak perlu saya penuhi lantaran saya sudah
menggunakan 2 kartu halo ,itupun menurut Call Centre 133, akhirnya saya pun mau
menuruti syarat yang berlaku disini…masa saya harus pulang ke kota Malili yang
jarak 60 Km lebih hanya untuk mengambil photo copy SITU/SIUP sebagai salah satu
syarat yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan cara mengirim email..nggak
sampai hitungan ribuan menit kok mbak ngirim emailnya….alasan pertama printer
rusak…tiba2x alasan kedua nggak bisa terima email??? Sangat dan sangat
dipersulit…juga sangat tidak professional para CS telkomsel GraPARI Soroako ini….masih
dalam keadaan marah saya menjelaskan ulang lagi, saya ini pengguna2 kartu halo yang sampai saat ini masih aktif,
kartu Halo pertama saya aktif mulai dari tahun 2004, kartu Halo kedua saya
aktif mulai dari tahun 2009…dan menurut Call Centre133 sebelum saya kemari saya hanya perlu membawa
KTP yang aktif atau masih berlaku …saya pun mencoba mengikuti syarat yang
kalian minta …tapi kalian spertinya sangat mempersulit saya….!!!
Akhirnya saya menelpon call centre 133 masih di hadapan para
CS yang goblok itu, setelah diterima panggilan saya ,dan menjelaskan duduk
permasalahan saya di GraPARI Soroako ini…akhirnya mbak yanti kalau nggak salah
yg menerima telpon saya di 133 meminta berbicara dengan CS yang melayani saya…ada
sekitar 15 menit pembicaraan tersebut dan saya tidak tahu apa yang dibicarakan
karena si CS masuk kedalam satu ruangan yang saya pikir mungkin ruangan
pimpinan GraPARI Telkomsel Soroako….
Tidak berapa lama si CS keluar dari ruangan tersebut dan
menyerahkan kembali HP saya…masih berlanjut ternyata Call Centre 133 … mbak
yanti menjelaskan kalau proses kartu baru saya tetap bisa dilanjutkan kembali
dengan tidak ada masalah…namun karena terlanjur kesal sambil berbicara di HP
saya mengatakan saya nggak mau lagi berurusan dengan GraPARI disini…sungguh
sangat menyebalkan…akhirnya mbak yanti dari Call Centre 133 saat itu juga
membantu saya untuk meregistrasi kartu baru saya lansung dari Jakarta, serta
memohon maaf atas ketidak nyamanan pelayanan yang diberikan GraPARI Soroako tadi….saya pun diberi beberapa nomor pilihan,
juga member nomor registrasi kartu baru saya dan memberitahukan kepada saya untuk
menunggu beberapa saat nanti akan ada panggilan
masuk ke saya dari nomor Telkomsel Pusat +62111 untuk mengklarifikasi nomor
baru saya,serta akan ada email dari CS telkomsel untuk kartu halo baru saya….
Setela selesai pembicaraan dengan CS Call Centre 133
tadi..tanpa permisi saya langsung bergegas berdiri untuk keluar dari GraPARI
Soroako…masih sempat saya melihat tampang bloon CS GraPARI Soroako yang sedari
tadi mungkin mendengar pembicaraan saya dengan Call Centre 133….langkah saya
terhenti ketika CS tersebut menyampaikan Maaf…dan saya pun berkata demikian….TELKOMSEL
perusahaan besar namun jika CS seperti kalian mempersulit pelanggan , sama saja
kalian merusak Citra Telkomsel…nggak ada masalah mbak, saya berlalu keluar.
Setiba di kota malili apa yang dikatan mbak yanti dari Call
Centre 133 terbukti benar ketika saya mendapat
panggilan dari +62111 untuk mengklarifikasi kartu baru saya dan meminta
alamat tepat untuk pengiriman kartu baru saya yang menurutnya 7x24 jam (1
minggu) akan tiba. Dan meminta saya untuk mengecek email saya jika pihak
telkomsel pusat telah mengaktifkan kartu baru saya namun masih dalam keaadan
terblokir hingga kartu baru saya itu tiba di tangan saya,pemblokiran bertujuan untuk menjaga hal-hal yang tidak inginkan dalam
proses pemgiriman, dan meminta saya menghubungi call centre 133 untuk membuka
blokiran jika kartu halo sudah ada ditangan saya….
BRAVO CALL CENTRE 133 TELKOMSEL.
Buat GraPARI Soroako…ibu jari saya mengarah kebawah…
sy juga pernah mengalaminya mas di grapari depok, padahal nomor sudah sy pesan melalui web dan sy sdh menghubungi call center pusat, perintah dr call center pusat agar sy mengambil paketnya di grapari terdekat yaitu depok, namun sesampainya disana....sy mendapatkan perlakuan yg sama sperti mas dan akhirnya sy pulang dg tangan kosong, kemudian sy menghubungi kembali call center, akhirnya paketpun dikirim ke sy melalui kurir khusus telkomsel
BalasHapusiyaa mas, sangat disayangkan perusahan sebesar telkomsel dengan pelayanan buruk tdk terorganiser dengan baik
Hapus