UANG/DANA BESAR adalah MODAL Utama untuk membuka USAHA...???? , SALAH BESAR!!!

Hi myBlog,

Lama baru  nulis catatan lagi, saat ini saya ingin nulis gimana merintis "USAHA", tulisan ini lahir hasil renungan malam ini...

UANG/DANA BESAR adalah MODAL Utama untuk membuka USAHA...???? ,

STOP...!!!

Anda salah, yaa kenapa dahi anda berkerut???, kaget saya katakan itu yaa?? , emang salah kok, mari saya jelaskan, UANG bukan MODAL utama untuk memulai USAHA, tapi UANG adalah salah satu HASIL USAHA yang anda LAKUKAN.

NGGAK PERCAYA..???, tidak usah bingung, lanjut baca catatan ini,

saya ingin dongeng,,,, ups maksudnya saya ingin kisahkan kepada pembaca semua tentang KESAKSIAN HIDUP saya, 

dari Makassar tahun 2011 saya melepas PEKERJAAN saya sebagai Teknisi disuatu perusahaan yg bergerak dalam bidang IT dimana saya telah bekerja lebigh dari 12 tahun di perusahaan itu, dengan bangga sayakan katakan bahwa saya PEGAWAI yang sangat DISAYANG sama BOSS / PEMILIK Perusahaan tempat saya bekerja,...bukan karena saya penjilat (ehem..biasakan dalam satu perusahaan ada pegwai yg penjilat), bukan juga karena saya keluarga dari BOSS itu, melainkan karena saya bekerja keras untuk banyak mempelajari segala sesuatu dalam bidang IT, hingga apa saja bisa saya kerjakan...ok cukup sudah sampai situ saja..,anda sudah pasti mengerti.

tahun 2011 tepatnya tanggal 6 September saya pindah ke Kota Malili (silahkan Googling kota Malili), karena istri saya PNS di kota ini hingga saya memutuskan menetap di kota kecil ini bersama istri dan ketiga buah hati saya.

awalnya saya ragu untuk merintis usaha Service/Penjualan Komputer di Kota ini, 2 bulan saya nganggur saja di rumah, malas campur kesal, dan sedikit rasa menyesal..namun TEKAD untuk bersama KELUARGA lebih besar dari itu semua. hingga pada bulan november saya mencoba membuka usaha ini, menyewa tempat kecil ukuran 5x7 yang sewanya sangat murah dibanding harga sewa 1 tempat kost di makassar untuk setahun (bandingkan sendiri harga sewanya yaa). ketika itu istri saya bertanya berapa DANA AWAL yang saya butuhkan untuk merintis usaha ini, "10, 20 atau berapa..????". dan saat itu saya hanya menjawab 5 JUTA.  singkat cerita akhirnya saya kembali ke Kota Kelahiran saya Makassar dengan tujuan selain belanja keperluan Toko/Usaha sekaligus pamit kepada Teman2x di makassar....oh iyaa saya lupa nulis, kalau saya itu lari dari tempat kerja lama saya, kenapa bisa??? suatu saat akan saya tulis kisahnya yaa yang jelas saya BERSIH tidak melakukan apa2x yang buruk selama saya berkerja kurang lebih 12 tahun di Perusahaan itu.

ok akhirnya lebih 3 hari di makassar saya kembali ke Kota Malili dengan membawa 1 buah harddisk PC ATA 320 Gb, 2 Buah Printer Canon IP2770, dan selebihnya beberapa Kardus2x Kosong (Mainboard,RAM,Grapich Card dll)....KOSONG, yaa KARDUS KOSONG....total belanja saya nggak sampai 2 juta, Sisa Uang ta kembalian ke istri... 

HERAN...???? ehehehehe selamat datang dalam DUNIA HERAN...,

merintis usaha nggak perlu MODAL DANA KEUANGAN YANG BESAR, yang hanya anda perlu adalah KEBERANIAN, disertai TEKAD BULAT dan SEMANGAT...., dan yang TERUTAMA adalah DOA, itulah LANGKAH AWAL dalam merintis sutau USAHA. 

tahu nggak awal memang susah, kepingin menangis (hikss.hiksss.hiksss..ahh cemeng loe, hehehhe) ,ketika awal buka Toko, selama 1 minggu pertama, hingga masuk ke minggu ke 3 tidak ada satupun orang yang singgah....hehehhehehe, bayangkan saja sampai kadang saya bosan duduk di toko, kadang jam 12 siang saya sudah tutup toko lalu pulang ke rumah..., "TIDUR.." meratapi nasib, kenapaaaa saya harus keluar dari pekerjaan lama saya, yg bisa dikata saya memiliki segalanya hingga kursi empuk Kepala Teknisi di perusahaan itu, dengan gaji yang lumayan, beberapa anggota teknisi yg saya pimpin baik di pusat dan beberapa cabang, bahkan saya katakan pendapat A atau B boss saya nurut saja...., 

STOPP...!!! (kayak polisi aja ni..make Stop segala)...

Serius saya katakan STOP, saat itu saya hanya memiliki KEBERANIAN Serta TEKAD BULAT, namun SEMANGAT itu luntur lantaran selama 3 minggu tidak ada satupun manusia melirik ke toko sayaa, yaaa saya harus tetap SEMANGAT, saya harus tetap BERDOA kepada TUHAN untuk memberi kekuatan kepada saya., 

Akhirnya setelah sebulan lebih menunggu akhirnya pelanggan pertama saya muncul, seorang COWOK agak Kemayu sedikit, singgah ketoko , ternyata bapak ini tetangga beberapa rumah dari Toko saya, dan beliau bertanya Toko Apakah ini?????, karena kebetulan belum ada spanduk apapun didepan Toko kecil saya ini...akhirnya menjelas apa Usaha saya...trus bapak bertanya bisa nggak memperbaiki TELEVISI yang RUSAK...., spontan saya jawab BISA..., dalam hati saya katakan apa saja yg penting elektronik saya sikat kerja, yang penting mengahsilkan....lanjut cerita Bapak si tetangga saya itu membawa TV nya yang rusak untuk saya perbaiki, butuh waktu seharian saya hanya memperbaiki Mainboard TV itu, hanya dengan senjata solder usang kadang panas kadang hilang panasnya hehehhe, saya memperbaiki solderan yang kurang kuat dari TV Tua itu, akhir berhasil, TV nyala uang masuk...keesokan harinya bapak itu kembali dan bertanya berapa ongkos servicenya, saya menjawab 20 ribu saja heheheh (lumayan bisa beli rokok..), 

YEAAAHH, PRAISE TO LORD, itulah pelanggan pertama saya..di tahun 2011 pada bulan Desember........

Akhirnya satu persatu tetangga bawa barang elektronik rusak ke toko saya, TV, Radio FM, rice cooker dll, dan dari situ lah dari mulut ke mulut, dari cerita ke cerita...semakin banyak pelanggan datang, untuk service,konsultasi hingga memesan barang untuk dibeli....hingga sekarang konsumen individu maupun kantor swasta hingga kantor pemerintahan berlanggan ke tempat saya...,

KARENA MASUK AKHIR TAHUN, ada baiknya saya sertakan beberapa photo yang saya pilih dari tahun 2011 hingga 2016 saat ini, lewat photo ini semoga bisa menjelaskan apa yang telah saya dan semua anggota di Maltek rintis selama ini...


MALTEK 2011





MALTEK 2012




















MALTEK 2013






















MALTEK 2014




















MALTEK 2015













MALTEK 2016


Tahun ini menjadi suatu perubahan yang besar untuk Usaha yang di rintis, kami terpaksa pindah mencari tempat kontrakan baru, untungnya kami mendapat tempat yg pass di depan seberang jalan dari tempat lama kami sehingga ketika memindahkan barang-barang tidaklah menjadi sangat susah...
















tetapi disaat kami pindah pada tahun ini 2016 semuanya itu terjadi Oleh Karena KASIH KARUNIA 'NYA, MY LORD JESUS, begitu banyak berkat tercurah dari'NYA karena  pada tahun 2015 yang lalu, tempat yang disewa sejak 2011 itu telah menjadi milik kami dengan ukuran 10x60 M2, tersisa 5x10 M2 karena setenganya dibeli oleh teman ...dan oleh karena IJIN TUHAN sendiri pada tahun ini juga tepat dibulan oktober  kami membangun RUKO 2 Lantai ....dan Tuhan berkenan pada bulan january/February 2017, saya dan bersama semua anggota Maltek akan memasuki Gedung yang Baru....

















Akhir kata, hanya dengan KEBERANIAN,TEKAD yg BULAT, SEMANGAT, dan KUASA DOA..CV.MALILI TEKNO dapat dirintis sejak 2011 hanya dengan itu semua, tidak sama sekali membutuhkan DANA atau KEUANGAN yang harus besar seperti kata orang di luar sana...,

hal ini menjadikan pengalaman pribadi saya yang luarbiasa, dan jalan masih panjang kedepan, ada petuah mengatakan "LEBIH SUSAH MENJAGA YANG SUDAH ADA DIBANDING MENCARI YANG BELUM ADA".....

SEMOGA TUHAN MEMBERKATI USAHA KITA SEMUA DALAM MENJALANKAN USAHA YANG TELAH TUHAN PERCAYAKAN KEPADA KITA MASING-MASING.

Everd Roy Muhea

Papa Clay berkecimpung dalam Dunia IT, pernah bekerja di IBM technical support Indonesia,Pernah menjadi Kepala Teknisi Laser Computindo selama 15 Tahun, aktif dalam Dunia IT,saat ini menjalankan Usaha Malili Tekno Komputer, Penjualan dan Service (PC,Laptop,Server,Gadget Solution,Networking, Developer Applications, RT/RW Net) Aktif dalam beberapa Komunitas IT

Tidak ada komentar :

Posting Komentar