DEDIKASI PEKERJAAN (Unek2 siang hari dilanda emosi)


selama siang BLOGER,

Dalam catatan ini saya ingin menjelaskan mengapa saya bisa berhasil sampai dengan saat ini...walaupun ukuran keberhasilan itu tidak ada batasnya dalam artian keberhasilan masih bisa lebih lagi hinggap dalam kehidupan seseorang yg merasa telah berhasil dalam hidup ini....

saya kutip dari wikipedia tentang judul diatas yaitu DEDIKASI blablabla...

Menurut Wikipedia dan kamu besar bahasa  Indonesia, 


Dedikasi adalah sebuah pengorbanan tenaga, pikiran, dan waktu demi keberhasilan suatu usaha yang mempunyai tujuan yang mulia, dedikasi ini bisa juga berarti pengabdian untuk melaksanakan cita-cita yg luhur dan diperlukan adanya sebuah keyakinan yang teguh.




15 tahun saya bekerja disuatu perusahaan yg bergelut dalam bidang IT, 15 tahun pula saya mengenal pimpinan saya yg bernama Sinsinar Winarto dan istrinya Herlina Winarto, 

Dengan gaji biasa2 saja dibanding Org IT di Jawa, namun itu sudah sangat mencukupi kehidupan saya dari bujang hingga berumah tangga, 

Namun Dedikasi yg saya lakukan itu MUTLAK dalam kehidupan saya, saat saya bekerja saya tidak peduli kata orang baik teman sahabat dan keluarga...kira begini yg saya ingat..

"kerja di sana gaji biasa aja untuk ukuran Kepala IT, bikin kaya orang china saja kau roy.."
"om roy kenapa tidak buka sendiri...ngapain bikin kaya orang lain..."

bahkan istri saya pun pernah berkata, kepada saya......
"Boss mu itu keterlaluan kalau kasih kerja ko sampai begini susahnya....??? "

Namun semua itu masuk di telinga tersimpan di otak paling dalam, tdk saya pusingkan, karena apa yang saya kerja adalah modal utama saya untuk suatu hari kelak....,

Boss saya dulu itu memang tidak expert dalam urusan IT, jadi saya menjadi andalan beliau dalam menangani suatu masalah, perlahan lahan saya belajar sendiri memecahkan begitu banyak masalah pekerjaan dalam Dunia IT ini, saya tidak pernah belajar khusus dari orang lain, 

namun untuk mencari informasi ilmu IT saya berusaha sekuat mungkin untuk mendapat referensi dimana saja baik dari Internet yg saat itu pas-pasan kecepatannya dari buku dan majalah atau dari beberapa orang yang anggap expert dalam bidang ini, 

Mulai pembuatan aplikasi sederhana hingga yg memerlukan algoritma perhitungan yg lumayan rumit, dalam hal ini saya menguasai beberapa Bahasa pemograman  Basica,Pascal,Dbase/Foxpro database, Java maupun php dan yang paling utama saya menguasai  penuh bahasa C hingga kecintaan saya akan Bahasa C membuat saya memberi ketiga anak saya dengan nama yang berawal hurup abjad C (Clay Clea Clevi), 

dalam urusan Repair hardware hingga hampir semua perangkat keras yg berhubungan dengan IT dapat saya pahami dan fungsikan, hampir semua Operating System (desktop/server) dapat saya pahami hingga memecahkan permasalahannya, Networking paling basic hingga tingkat dimana orang2 harus mempunyai skill dewa dalam urusan configurasi suatu system baik menggunakan Juniper,Cisco dan lain sebagainya....overall saya memiliki segala macam ilmu pengetahuan IT selama 15 tahun bekerja itu karena saya berusaha untuk ulet dan tekun belajar, ditambah lagi Boss saya mendukung apa saja ide yg ingin saya lakukan....



Dalam pekerjaan yg saya geluti bahkan saya bisa lupa waktu, kadang bisa sampai tengah malam di kantor hanya untuk mempelajari sesuatu yang baru, ketika boss saya memerintahkan sesuatu yg berhubungan dengan bidang saya , saya selalu bertekad untuk menyelesaikan dengan sempurna karena saya tahu bukan masalah uang yg bisa saya dapati, namun ilmu dan pengalaman itu yg saya butuhkan, tidak peduli tengah malam bahkan hari libur sekalipun....kadang istri saya sampai marah akan hal ini, namun saya bersyukur karena dia tetap mendukung apa yang saya kerjakan, hingga istri saya pindah ke kota malili menjadi pns serta meminta saya untuk resign dari tempat kerja saya untuk mengikutinya, namun saya menolak, 

KENAPA .... ????

Karena DEDIKASI itulah yang saya pertahankan dalam pekerjaan yang saya geluti dimana tempat saya bekerja, dan yang utama adalah ILMU PENGETAHUAN yang tiada habisnya saya dapati serta PENGALAMAN yang luarbiasa....

saya bekerja di perusahaan ini, musuh utama saya adalah KEMALASAN, sebab saya tahu jika sifat ini ada maka buyar semua harapan saya untuk mendapat pengetahuan dan pengalaman...itu mengapa sebabnya saya sangat di hargai boss atau pimpinan saya

pernah ada seorang teman berkata lucu, :

"si roy ini sebenarnya boss di tempat ini, cuman hanya kalah dari pak sinsinar yang sebagai pemilik tempat ini "

yaa memang benar , saya diberi kepercayaan penuh untuk mengelolah pekerjaan saya bersama beberapa anggota saya baik yg di software maupun hardware, saya diberi keleluasaan penuh untuk menjadi pemimpin/leader kepada  bawahan yang lainnya baik itu Teknisi, Marketing, Stock Gudang, kantor/toko cabang yang berada dibeberapa tempat  dan beberapa bidang lainnya....bahkan kalau perlu saya mendapat kepercayaan untuk memberi sanksi kepada karyawan lainnya...







Pengalaman menjadi leader sangat berharga yang saya dapati, dimana saya harus belajar psikologi,mengenal karakter manusia, belajar menjadi bijaksana dalam memutuskan sesuatu dan masih banyak yg lainnya,menerima dengan lapang dada nasehat atau masukan, menghadapi konsumen yang mengamuk....bahkan menerima amarah yang meledak-ledah dari pemiliki perusahaan ini jika saya membuat suatu kesalahan fatal...!!! namun semua itu yang membuat saya kuat dan lebih termotivasi untuk mengubah yang buruk menjadi baik kembali,,(baca arti dedikasi kembali...)



setelah kurang lebih 2 tahun kepindahan istri saya ke kota malili, akhirnya saya memutuskan untuk resign, namun saya tahu, saya akan di pertahankan mati matian oleh boss saya, entah gimana caranya agar saya tidak boleh keluar , saya di beri 2 pilihan dalam hidup ini, 

pilihan pertama, saya memiliki kursi yg sangat empuk dengan hak yg luarbiasa di tempat kerja saya menjadi leader dimana ilmu tetap akan bertambah terus, atau pilihan kedua adalah saya resign berkumpul dengan istri dan anak anak saya di malili yg adalah kota terpencil.....

kedua pilihan ini sangat sulit, terutama yang pertama kenapa bisa karena telah tertanam DEDIKASI sangat kuat akan perkerjaan saya selama ini, sulit rasanya meninggal tempat kerja ini, dimana segala sesuatu telah saya dapatkan, namun KELUARGA adalah hal yang utama.

hingga akhirnya tanggal 5 september 2011 saya resign secara diam diam ???????????

iyaaa saya lari / kabur / keluar dari pekerjaan saya tanpa meminta ijin pada boss saya, saat itu bertepatan lebaran idul fitri dimana kami dikantor mendapat libur seminggu...., setelah libur selesai tidak tidak kembali lagi ke Makassar, hasil....??? anda bisa reka sendiri...

Nomor kartu halo saya tutup karena boss saya menelpon terus, teman2 kantor pun demikian, saya hilang bak di telan bumi, boss saya hanya tahu kalau saya itu liburan ke malili hehehheh......ada setahun saya masih terus di hubungi, seorang teman juga senior disana bernama Hajja Tini menelpon terus untuk membujuk saya kembali, bahkan yang saya dengar dari kawan2 disana setiap meeting boss selalu menyinggung nama saya...beliau berkata "saya tidak tahu kenapa roy bisa begitu ..."



saya ingin mejelaskan kenapa saya menagmbil tindakan seperti ini, karena saya tahu saya tidak akan lepas dari tempat kerja saya, saya memiliki hubungan emosional yg sangat dekat dengan boss saya, saya tidak sampai hati untuk keluar dari sana, saya tidak berani mengatakan kepadanya, karena saya tahu ketika perusahaan ini di landa prahara besar, saya orang pertama yang maju untuk membela perusahaan kala itu, saya pula yg memberi kepastian kepada boss saya yg saat itu beliau pasrah untuk tidak meneruskan usaha nya di bidang IT ini....saya pula yg membujuk semua karyawan untuk mengikuti boss saya pak sinsinar ketika praha besar melanda perusahaan ini,....intinya saya membantu mulai dari nol kembalinya perusahaan ini untuk jaya kembali......semua itu karena DEDIKASI saya kepada perusahaan yang telah memberi segalanya kepada saya dan keluarga saya....

Tahun lalu saya mengunjungi boss saya dan sempat bertemu, banyak yang kami ceritakan bersama, saya memohon maaf saya kepadanya, beliau menatap saya sambil mata nya berkaca-kaca ketika saya ingin pamit pulang...saya bersyukur mengenal beliau selama bekerja bersamanya, dari beliau'lah saya belajar ilmu marketing di luar dari bidang saya....dan saya berdoa agar beliau dan keluarganya senantiasa dalam lindungan Tuhan....



DEDIKASI saya tidak sia-sia, selama saya bekerja disana, apa yang saya lakukan semua itu dengan tulus, dengan giat serta tekun untuk terus belajar belajar dan belajar, saya tidak diam melihat sesuatu yang baru disana, keinginan tahu saya itulah yang membuahkan hasil sampai dengan saat ini...,

Catatan ini saya tulis untuk Saudara,sahabat dan teman2x terutama semua anggota di MALILI TEKNO KOMPUTER, 

" DEDIKASI MU AKAN MEMBUAHKAN HASIL BUAT KEHIDUPAN MU "

Everd Roy Muhea

Papa Clay berkecimpung dalam Dunia IT, pernah bekerja di IBM technical support Indonesia,Pernah menjadi Kepala Teknisi Laser Computindo selama 15 Tahun, aktif dalam Dunia IT,saat ini menjalankan Usaha Malili Tekno Komputer, Penjualan dan Service (PC,Laptop,Server,Gadget Solution,Networking, Developer Applications, RT/RW Net) Aktif dalam beberapa Komunitas IT

Tidak ada komentar :

Posting Komentar